upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah

 Upacara Bendera Yang Berpihak Pada Murid Dan Dinantikan

Oleh Seluruh Warga Sekolah

 

Oleh : I Gusti Ayu Kartika Natalia, S.Pd., M.Pd

            SMP Negeri 12 Denpasar

            CGP Denpasar-Bali

 

Konsep Inkuiri Apresiatif (IA) pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider (Noble & McGrath, 2016). Inkuiri Apresiatif (IA) menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan demikian, dalam implementasinya, Inkuiri Apresiatif (IA)  dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi,  sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. 

Di sekolah, pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA)  dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah,  mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak-adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut  dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah. Inkuiri Apresiatif (IA)  sebagai salah satu model manajemen perubahan dan mencoba menerapkannya melalui tahapan dalam IA yang disebut dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Calon Guru Penggerak di minta untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri apresiatif (IA) dengan menggunakan model pembelajaran BAGJA secara nyata bersama komunitas dengan melibatkan pemangku kepentingan di sekolah dalam rangkaian upacara bendera. Berikut ini adalah jabaran tugas dari Modul 1.3.a.7

Menerapkan Inkuiri Apresiatif (IA) Dengan Menggunakan

Model Pembelajaran BAGJA Dalam Upacara Bendera

 



PRAKARSA

PERUBAHAN

Upacara bendera yang berpihak pada murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

     1.Hal baik apa yang anda  temukan dari petugas dan peserta upacara bendera?

     2.Hal menarik apa yang anda  temukan dari kegiatan upacara bendera?

     1.Mengamati secara seksama petugas dan peserta upacara bendera.

     2.Mencatat dan mencermati hal baik yang ditemukan dari petugas dan peserta upacara bendera.

A-mbil pelajaran (Discover)

Pertanyaan yang disepakati adalah pertanyaan no.2

     1.Sebutkan bagian yang disenangi pada saat upacara bendera, sertakan alasannya?

     2.Apakah bagian ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti upacara bendera?

     1.Membuat survey yang berisi hal yang disenangi pada saat upacara bendera.

     2.Memetakan hasil survey dengan melihat nilai positif dari kegiatan upacara bendera yang diberikan.

G-ali mimpi (Dream)

Pada saat amanat pembina upacara, waktunya di persingkat, dilanjutkan dengan penampilan minat dan bakat dari siswa:

     1.Siswa dapat menampilkan perform mereka di sesuaikan dengan hobi, bakat, dan minat secara bergiliran. Di tentukan urutan kelas mereka. Perwakilan siswa dalam kelas tersebut akan menampilkan bakat dan minat mereka dalam upacara bendera.

     2. Siswa boleh menggunakan peralatan dan perlengkapan untuk mendukung performnya agar lebih maksimal

     1. Membuat  data minat dan bakat siswa melalui assessment non kognitif

     2. Menyampaikan data bakat, minat dan rencana melakukan upacara yang dirindukan oleh warga sekolah dengan pemangku kepentingan seperti Kepala sekolah, dewan guru, staf pegawai, dan siswa.

J-abarkan rencana (Design)

     1. Siapa yang akan bertanggungjawab pada kegiatan ini?

     2. Bagaimana prosedur menampilkan perform?

     3. Berapa durasi waktu untuk menampilkan perform?

     4.Apa indicator yang harus dipenuhi untuk bisa tampil?

     5.Siapa yang akan mendampingi selama kegiatan?

     6. Bagaimana mereka latihan?

     7. Siapa yang bertanggungjawab menyiapkan perlengkapan dan peralatan saat perform?

     1.Bekerjasama dengan waka kesiswaan, waka kurikulum, waka humas, Pembina osis, dan osis dalam melaksanakan upacara bendera.

A-tur eksekusi (Deliver) 

     1. Siapa yang akan terlibat dalam setiap perform?

     2.Kepada siapa mereka melaporkan kemajuan persiapan dan bagaimana cara melaporkannya?

     3. Siapa yang bertanggungjawab memberikan feedback/umpan balik?

     4.Siapa yang akan memonitor perkembangan persiapan dan pengambilan keputusan layak atau tidaknya siswa tersebut untuk tampil?

 

     1.Kerjasama antara wali kelas dan waka kesiswaan dalam menentukan giliran menjadi petugas upacara dan menampilkan perform siswa. Serta layak tidaknya siswa tersebut tampil saat upacara bendera.

     2.Membuat laporan bulanan terkait upacara bendera kepada pimpinan.

     3.Umpan balik diberikan oleh pemangku kepentingan (kepala sekolah, guru, staf pegawai, dan siswa).

 

Upacara biasanya

Upacara versi baru

Petugas upacara berasal dari Osis yang di koordinir oleh waka kesiswaan dan pembina osis..

Petugas upacara bergilir antar kelas tiap minggunya sehingga memberikan pengalaman menjadi petugas upacara sehingga dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab dan kebersamaan antar siswa.

Amanat oleh Pembina upacara dengan  durasi cukup lama.

Amanat oleh Pembina dengan durasi waktu yang tidak lama karena perform akan ditampilkan setelah amanat Pembina upacara.

Tidak ada penampilan  perform bakat dan minat dari siswa.

Ada perform dari siswa seperti  baca puisi, menyanyi. Kegiatan ini di dokumentasikan menggunakan kamera atau drone oleh salah satu siswa yang kelasnya mendapatkan giliran menjadi perangkat upacara.

Upacara terkesan monoton dan membosankan sehingga tidak jarang peserta upacara berbicara di barisan, menjaili peserta upacara yang lainnya.

Upacara versi baru akan menjadi upacara yang dirindukan, karena membawa rasa penasaran yang tinggi. Minggu depan kelas berapa  yang tampil dan perform apa yang akan di tampilkan.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINERGI PEMANGKU KEPENTINGAN ADALAH KUNCI KEBERHASILAN SEKOLAH