PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR
KREATIF SISWA
Sumber : I
Gusti Ayu Kartika Natalia, S,Pd., M.Pd
CGP Angkatan 1
Denpasar-Bali
Penulis : I
Gusti Ayu Kartika Natalia, S.Pd., M.Pd
SMP Negeri 12
Denpasar
Calon Guru Penggerak
Angkatan 1 Denpasar-Bali
LAPORAN KEGIATAN AKSI NYATA MODUL 1.1
JUDUL AKSI :
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Berpikir Kreatif Siswa
LATAR BELAKANG
Ki Hajar Dewantara berpendapat
: Berpikir merupakan suatu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan
penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Berpikir juga merupakan suatu
kegiatan mental untuk membangun dan memperoleh pengetahuan. Dalam suatu proses
pembelajaran, kemampuan berpikir peserta didik dapat dikembangkan dengan memperkaya
pengalaman yang bermakna melalui persoalan pemecahan masalah. Pengalaman atau
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh
keterampilan-keterampilan dalam pemecahan masalah, sehingga kemampuan
berpikirnya dapat dikembangkan. Betapa pentingnya pengalaman ini agar peserta
didik mempunyai struktur konsep yang dapat berguna dalam menganalisis serta
mengevaluasi suatu permasalahan.
DESKRIPSI AWAL
Rendahnya berpikir kreatif
siswa di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya: (a) pembelajaran yang
dilakukan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun konsep mereka
melalui proses pembelajaran (merdeka belajar), (b) belum adanya perangkat
pembelajaran yang mendukung agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan secara
optimal serta mampu secara operasional mengoptimalkan peran guru dan siswa,
mengkondisikan pembelajaran dengan baik dan menciptakan suasana belajar yang
lebih menyenangkan (taman belajar) dan tepat sasaran. Sehingga ada niatan untuk
mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran berupa buku petunjuk guru dan buku
siswa guna meningkatkan berpikir kreatif siswa. Permasalahan dalam buku ini di
ambil dari kehidupan sehari-hari siswa agar lebih mudah di bayangkan dan
dipahami.
Tahapan-tahapan dalam
melakukan aksi ini adalah sebagai berikut:
1. 1. Diskusi
dengan rekan sejawat mengenai permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran,
mengidentifikasi kesulitan belajar siswa
2. 2. Melakukan
kajian berkaitan dengan KI dan KD, serta melakukan kajian terhadap perangkat
pembelajaran yang akan dikembangkan
3. 3. Menyusun
draf awal perangkat pembelajaran yang akan di kembangkan
4. 4. Melaksanakan
uji coba buku, menyebarkan angket respon siswa, serta menyebarkan tes kemampuan
berpikir kreatif yang akan di kerjakan siswa
5. 5. Menguji
validitas perangkat pembelajaran, Menguji kepraktisan, dan menyebarkan angket
respon guru yang dilakukan teman sejawat
6. 6. Mengolah data dan menganalisis validitas,
kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran
7. 7. Membuat
laporan
HASIL
Sesuai
dengan tujuan awal dari aksi nyata ini yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan cara mengembangkan
perangkat pembelajaran khususnya materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV). Siswa lebih paham terhadap materi yang disajikan dalam buku siswa,
karena buku siswa sangat mudah di pelajari, sangat menarik karena berisi warna,
materi di ambil dari kehidupan dunia nyata.
Buku Petunjuk Guru dan buku siswa yang dikembangkan ini memiliki
kevalidan sangat valid, memiliki kepraktisan untuk respon guru sangat praktis
dan buku siswa kategori praktis, dan memiliki keefektifan sangat baik berdasarkan
oleh analisis yang dilakukan.
PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT
Banyak sekali pembelajaran yang saya dapat setelah melakukan kegiatan
ini, diantaranya adalah:
1. 1. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif siswa dengan dikembangkannya sebuah perangkat pembelajaran
2. 2. Bagaimana mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran yaitu
buku petunjuk guru dan buku siswa.
LAMPIRAN
|
HAMBATAN YANG DI TEMUI PADA AKSI NYATA MODUL 1.1
|
||||
Rancangan
Aksi Nyata |
Tantangan yang dihadapi |
||||
|
|||||
Angket
Respon Siswa |
Hasil
Kerja Siswa |
||||
|
|||||
Foto
Siswa |
|||||
|
|||||
Pengembangan
Buku Petunjuk Guru |
Pengembangan
Buku Siswa |
Terima kasih, semoga
bermanfaat. Saran dan kritik dari Bapak/Ibu semua sangat saya nantikan untuk
perbaikan ke depannya.
Salam sehat dan
bahagia selalu
Komentar
Posting Komentar