PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR SISWA
PEMETAAN
KEBUTUHAN BELAJAR BERDASARKAN PROFIL BELAJAR MURID
Tujuan
Pembelajaran : Menentukan Volume Bangun Ruang Sisi
Lengkung (BRSL) pada pokok bahasan Tabung
Dampak dari
adanya pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi segala sektor yang ada
di Indonesia terutama dalam sector Pendidikan. Pembelajaran yang awalnya tatap
muka, beralih menjadi pembelajaran daring. Guru mata pelajaran matematika
merupakan salah satu guru yang juga mengalami beberapa kendala. Di mana
seperti yang kita ketahui mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata
pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Melalui pembelajaran tatap muka saja,
siswa sering sekali kesulitan memahami pelajaran, apalagi jika dilaksanakan
secara daring. Di sinilah tantangan guru matematika yang harus mampu kreatif
menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif dengan tetap memperhatikan
gaya belajar siswa. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, guru dituntut
untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan
mudah dipahami, sehingga siswa dapat tetap belajar dengan produktif walaupun
metode pembelajarannya dilakukan secara daring. Oleh karena itu, media
pembelajaran yang digunakan juga harus efektif dan mudah diakses oleh
siswa. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring antara lain
Google Classroom, Whatsapp dan lain-lain. Untuk proses
pembelajaran tatap muka daring dapat menggunakan media seperti Zoom, Google
Meet,dll, sedangkan proses pembelajaran tatap muka secara tidak langsung
dapat dilakukan dengan menayangkan bahan ajar berupa Word atau Powerpoint.
Profil Belajar Murid |
Visual |
Auditori |
Kinestetik |
Nama Siswa |
-
Ananta Sarini, Ni Luh
Putu -
Diah Febriani, Ni Luh -
Ari Wiratama, I Putu -
Adi Merta Yana, I Putu -
Rusiana Eka Putri, Ni Wayan |
-
Eka Hendrawan, I Putu -
Sinta Triana Putri, Ni
Nyoman -
Monik Pradnya Swari,
Putu -
Ahmad Firdaus -
Oka anggara, I Komang |
-
Wirajaya Mahardika, I
Putu -
Widhi Wiadnyani, Ni
Made -
Agus Hendra Pratama,
Gede -
Bintang Cahyani Maha
Dewi, Ni Komang -
Satria Wandiatmika,
Nyoman |
Produk |
Murid diperbolehkan memilih cara
mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang menentukan volume Bangun Ruang
Sisi Lengkung (BRSL) pokok bahasan tabung. Boleh dalam bentuk rekaman video,
power point, maupun performance. |
||
Proses |
Guru
menyampaikan materi menentukan volume Bangun
Ruang Sisi Lengkung (BRSL) pokok bahasan tabung melalui google classroom.
Materi tersebut disajikan dalam bentuk video power point. Berikut
contoh video power point : Setelah siswa selesai menyimak video power point,
selanjutnya siswa mulai mengerjakan
tagihan soal yang telah di share pada google classroom, dimana hasilnya akan
dikirimkan ke alamat email guru. |
Guru juga menyediakan media
pembelajaran dalam bentuk rekaman suara
yang bisa siswa akses pada aplikasi google classroom terkait materi menentukan
volume Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL) pokok bahasan tabung. Selain itu,
guru memberikan sedikit penjelasan di Whatsapp bilamana ada siswa bertanya
atau kurang paham terkait materi yang sedang dipelajari Berikut hasil rekaman audio guru |
Guru memberikan petunjuk kepada siswa untuk menentukan volume BRSL pokok bahasan tabung di rumah dalam bentuk tugas proyek. Siswa boleh mempergunakan berbagai alat peraga seperti kaleng yang berbentuk tabung, atau kertas karton yang dibuat dalam bentuk tabung sesuai kreatifitas siswa itu sendiri. Selanjutnya siswa akan mencari berapa volume kaleng atau kertas karton yang di buat dalam bentuk tabung tersebut. Tugas proyek ini siswa upload ke Instagram, youtube, dan media social lainnya. |
Dalam contoh di atas, guru
mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar
(visual, auditori, kinestetik). |
Komentar
Posting Komentar